Kabel Gas Akhirnya Putus Juga… :(

beberapa hari yg lalu, terjadi pengalaman kurang menyenangkan dengan Pace. selongsong gas terasa berat saat diputar, seret.. 😦

rencana kalo ada waktu luang mau nglumasin kabelnya, tapi nasib berkata lain. belum sempet dilumasin, eh putus duluan pas pagi-pagi manasin motor. πŸ˜₯ untungnya putus pas di rumah (kabel gas putus juga masih bilang untung) πŸ˜€

kabel gas putus, stok kabel yg dikanibal, beserta peralatan pendukung

dan akhirnya sempet gak sempet kudu nyempetin juga, bongkar-bongkar kabel gas. untungnya lagi sisa dulu yg kabel ke TPS-nya putus (FYI kabel gas Apache dari selongsong bercabang 2, 1 menuju karburator, 1 menuju sensor posisi gas/TPS dan yg menuju TPS pernah putus 1 kali) gak dibuang, jadi masih punya stok kabel gas di rumah.

pertama mari lepas jok dan tangki Apache. trus lepas kabel gas dari karbu dan TPS serta di percabangan kabel gas dengan menarik rumahnya, biarkan kabel pendek tetep nggantung di stang motor.

sudah dilepas, kabel gas pendek dari selongsong gas biar nggantung di bawah stang

selanjutnya prosesi jogress alias penggabungan pun dilaksanakan (kaya digimon wae jogress :P)

lepas kabel yg akan diganti, tinggal tarik saja sambil agak direnggangkan pengait di percabangan kabelnya. pasangnya juga tinggal soroong.. dan mak klek. sukses! fusion berhasil! πŸ˜€

 

setelah gabung, dilumasi pake chainlube sepunyanya

sekarang tinggal dipasang lagi ke motor. oya hampir lupa, sekalian lumasi dulu mumpung dilepas πŸ˜‰

dan setelah terpasang, jangan lupa stel posisi kabel agar yg di karbu n TPS kompak nariknya. πŸ™‚

yg merah semacam TPS

 

pastikan kabel di TPS n karbu sudah kompak nariknya saat digas

 

siap jalan!

alhamdulillah,,motor siap disajikan digasss! πŸ˜€

 

#oya kenapa di gambar ada alat-alat mengerikan? palu, arit, dkk?? itu karena saya emosi ditarik kok gakΒ  lepas-lepas, tak getok aja rumah percabangannya pake palu! duagg!!Β  eh gak pecah! 😯 ambil arit, getok lagi arit pake palu, setelah beberapa kali akhirnya pecah juga.. :mrgreen: setelah pecah baru saya tau ada kalo ada pengait yg bisa dilepas dengan cara direnggangkan. πŸ˜†

Servis Besar Sandal Gunung, Sekalian Modifikasi Ae!

Sandalku jebol! byuuhh.. nyebelin bener, kaki sehat tapi jalan pincang gara-gara sandal bermasalah, kekerenan saya jadi berkurang 25%, tapi masih tetep keren! :mrgreen:

yang jebol tali di kanan atas noh

yg jebol tali di kanan atas noh

baru 4 kali muncak gunung, 1 kali nyusur goa, sandal gunung murmer 30 ribuan saya sudah jebol juga persis di mulut goa mBrahala. sandal gunung kw 99 bener dah.. πŸ˜€

beli lagi? gak ada duit alokasi buat sandal! akhirnya bongkar sendiri, servis dhewe. sekalian dimodifikasi biar lebih kuat. πŸ™‚ (lebih…)

Tips Saat Menolong Korban Kecelakaan

bro n sis, sebagai seorang pengendara motor, pendaki, maupun sebagai apapun juga kita adalah manusia yg merupakan makhluk sosial, yg suatu saat mungkin kita akan menghadapi situasi di mana kita melihat korban kecelakaan dan kebanyakan orang yg ada di lokasi hanya menjadi penonton tanpa memberi pertolongan. sebagai makhluk sosial tentu kita memiliki kewajiban untuk saling tolong-menolong, namun kadang ketika kita berniat baik untuk menolong si korban justru kita malah dianggap sebagai tersangka oleh korban maupun orang lain yg datang kemudian, saya sendiri pun pernah mengalaminya.. namun beruntung karena sebelumnya saya telah menjelaskan apa maksud saya di situ kepada para penonton.

kecelakaan motor

nah untuk itu ada baiknya kita memahami bagaimana langkah-langkah dalam menolong korban kecelakaan, agar kita dapat terhindar dari resiko tuduhan sebagai tersangka dan juga apa yg kita lakukan cukup efektif dalam memberi pertolongan pertama untuk korban, bukannya memperburuk keadaan korban.

pembalap profesional aja bisa kecelakaan

berikut beberapa langkah yg dapat kita lakukan (lebih…)

Ganti Ukuran Ban? Jangan Lupa Sesuaikan Juga Velgnya!

bro n sis semua, bagi yg suka motornya keliatan lebih kekar salah satu langkah yang paling sering dilakukan adalah memperbesar ukuran si karet bundar. disamping membuat kendaraan tampak lebih kekar, ban lebar juga membuat laju motor lebih stabil saat digeber dan lebih bikin pede saat belok rebah. tapi sudah sesuaikah ukuran ban yg kita pakai dengan ukuran rim velg kita? berikut sedikit panduan untuk memilih ukuran ban dan velg yg tepat: (lebih…)

Kelilipan? Ati-ati Bro! Jangan Anggap Remeh..

Brother semua pasti pernah kan mengalami yang namanya mata kelilipan entah karena debu ataupun hewan? Apalagi buat biker yang sering melewati daerah persawahan setelah matahari tenggelam, banyak banget hewan-hewan kecil beterbangan yang di daerah saya disebut β€œsamber mata” karena hobinya menyambar mata. Nah jangan kita anggap remeh sis amber mata bro! kadang kalau kena kita suka cuek tetep jalanin kendaraan sambil mengucek mata kita. Bahaya bro!!!Β  Saat ngucek sudah pasti cuma 1 tangan kan yang megang stang? Dipastikan kesiapan kita akan berkurang, ditambah dengan ngucek mata tinggal satu mata saja yg berfungsi, kestabilan akan berkurang, dan keamanan diri kita pun semakin tak terjamin.

from www.mediaindonesia.com

Trus gimana dong biar tetep aman jika kelilipan? Yah yang paling aman jangan sampe kelilipan :mrgreen: gunakan helm fullface dengan kaca putih bening biar kalo gelap nggak perlu buka kaca, ato kalo pake helm ala motokros + goggle lebih aman lagi dari kelilipan.

aman dari kelilipan

Tapi kalo udah terlanjur kena, mending tahan rasa perih sesaat sambil meminggirkan kendaraan dengan tetap tenang. Logikanya mengendarai motor dengan 2 tangan dan 1 mata yang normal masih lebih baik ketimbang cuma 1 tangan dan 1 mata. Lalu jika sudah minggir dan berhenti di tempat yang aman, cara paling sehat dengan membasuh pake air atau tetesin pake tetes mata. kalo nggak ada dua-duanya? coba kedipkan beberapa kali. kalo yg ngganjel bandel nggak mau keluar juga baru deh terpaksa kucek mata yang kelilipan. Eits.. tapi jangan asal kucek! Ngucek mata itu juga ada caranya bro!

from aperture-laboratories.blogspot.com

Nah untuk cara ngucek yang agak baik begini nih konon katanya: untuk mata kanan, gerakkan jari searah dari arah kanan ke kiri mengikuti konturΒ  pinggir bola mata, pandangan mata yg dikucek seolah mengikuti jari yg ngucek, tekanan jari cukup seperti mengelus-elus saja jangan terlalu keras. untuk yg kiri tinggal dibalik.

oiya, harap jangan keseringan ngucek mata, karena dapat merusak mata kita 😯 hanya buat saat kepepet!

mata yg nggak dikucek bisa cantik kayak gini

 

sekian,,semoga berguna dan salam damai.. πŸ˜€

 

Kalo yang ini oleh-oleh dari pameran modifikasi Kawasaki, buat cuci mata biar mata tetep bening :mrgreen:

 

adik kelasnya mas Kilaubiru lho πŸ˜‰