Tips Saat Menolong Korban Kecelakaan

bro n sis, sebagai seorang pengendara motor, pendaki, maupun sebagai apapun juga kita adalah manusia yg merupakan makhluk sosial, yg suatu saat mungkin kita akan menghadapi situasi di mana kita melihat korban kecelakaan dan kebanyakan orang yg ada di lokasi hanya menjadi penonton tanpa memberi pertolongan. sebagai makhluk sosial tentu kita memiliki kewajiban untuk saling tolong-menolong, namun kadang ketika kita berniat baik untuk menolong si korban justru kita malah dianggap sebagai tersangka oleh korban maupun orang lain yg datang kemudian, saya sendiri pun pernah mengalaminya.. namun beruntung karena sebelumnya saya telah menjelaskan apa maksud saya di situ kepada para penonton.

kecelakaan motor

nah untuk itu ada baiknya kita memahami bagaimana langkah-langkah dalam menolong korban kecelakaan, agar kita dapat terhindar dari resiko tuduhan sebagai tersangka dan juga apa yg kita lakukan cukup efektif dalam memberi pertolongan pertama untuk korban, bukannya memperburuk keadaan korban.

pembalap profesional aja bisa kecelakaan

berikut beberapa langkah yg dapat kita lakukan dalam memberi pertolongan pertama yg dikenal dengan SRSABC:
1. Safety, perhatikan keamanan diri kita, kondisi lingkungan, maupun korban terlebih dulu sebelum kita memberi pertolongan. jangan sampai kita berniat menolong tapi justru kita ikut terluka/membahayakan diri kita. perkenalkan juga diri kita n maksud kita pada orang lain yg ada di tkp sebelum memberi pertolongan, untuk menghindari kemungkinan kita dituduh sebagai tersangka.
2. Response, coba sapa korban, jika tak menjawab goyang bahunya untuk melihat respon korban apakah sadar/pingsan.
3. Shout for help, hubungi/minta pada seseorang yg ada di lokasi untuk menghubungi bantuan, seperti polisi/ambulance (118)
4. Airways, cek jalur udara (nafas) korban, jika sadar dan suara baik berarti aman. namun bila tidak sadar cek apakah ada yg menyumbat/tidak di mulut. jika ada keluarkan dengan cepat namun hati-hati.
5. Breathing, cek pernapasan korban dengan melihat(dada/perut kembang-kempis normal tidak), mendengar(suara hembusan napas), dan merasakan(hembusan napas)
6. Circulation/Chest compression, tekan dada korban dengan dua tangan saling tindih dengan kedalaman tekanan 4-5 cm dan irama yg teratur sebanyak 30x, kemudian berikan napas buatan melalui mulut ke mulut 2x sambil melihat perkembangan dada korban. ulangi terus hingga korban menyuruh berhenti/bantuan telah tiba dan mengambil alih.
yg patut diingat jangan memberi minum korban jika belum sadar.
jika korban telah dalam keadaan sadar, cek apakah ada luka luar seperti pendarahan maupun luka dalam seperti patah tulang yg mengakibatkan perubahan bentuk bagian tubuh.

kecelakaan di gunung

itulah beberapa langkah penting yg perlu diperhatikan dalam memberikan pertolongan pertama pada korban, jangan sampai niat baik kita justru memperburuk keadaan diri kita sendiri maupun korban.

demikan sedikit tips dari saya semoga berguna dan salam damai dari kota Geplak..πŸ˜‰

referensi: materi dari TBMM FK UGM tentang BLS (Basic Life Support)

Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

36 Komentar

  1. Hadya_HKM

     /  23 Februari 2011

    wah mantap infonya…
    Salam kenalπŸ™‚
    http://h4dy4.tk

    Balas
  2. @Hadya
    makasih.. salam kenal jugaπŸ™‚

    Balas
  3. zaqlutv

     /  23 Februari 2011

    untuk CPR (Cardiopulmonary resuscitation) atau memberikan nafas buatan, ini ada videonya..
    cekidot ae gan..:mrgreen:

    Balas
  4. damhar

     /  23 Februari 2011

    nice info bro.. sedikit urun rembug ya,
    2. saat menggoyang bahu, lakukan dgn halus. Ada kemungkinan besar biker yg terpelaning dari motor mengalami cedera pada tulang leher atau tulang selangka. Kalau bahu digoyang terlalu keras bisa memperparah cidera. Atau gunakan cara lain seperti menepuk2 lengan atau telapak tangan

    catatan juga, jika memang aman, sebaiknya korban tidak diangkat atau dipindahkan. Biasanya patah tulang menjadi lebih parah karena korban diangkat dgn tidak benar atau karena alat yg terbatas.

    Bila korban mengalami beberapa jenis cidera (misalnya patah tulang, perdarahan, dan pernafasan berhenti), dahulukan menangani luka yg paling mengancam nyawa. Kembalikan pernafasan dulu, baru tangani perdarahan, baru patah tulangnya

    Balas
  5. sippp.. ayo latihan neng ngunung…
    kangen latihan sar merbabu merapi

    Balas
  6. @Zaqlutv
    mana videonya? kok ga ada? bohong ah..πŸ‘Ώ (harap maklum ini liatnya dari hp jadul:mrgreen: )
    @Damhar
    yap betul sekali bro! makasih tambahannya..πŸ˜€
    @#99
    ayo ayo..! tapi nek korbane palsu kurang menunjukkan situasi sebenarnya. sapa ya sing gelem dadi korban?😈 (jangan sampe ada ding):mrgreen:

    Balas
  7. Oom pimpah as varioputiih

     /  23 Februari 2011

    videonya sangat bermanfaatπŸ™‚

    Balas
  8. bejo

     /  24 Februari 2011

    nis inpoh

    Balas
  9. zaqlutv

     /  24 Februari 2011

    dari hape ga keliatan yach?πŸ˜€
    baru tau.. maklum masih nubitol..

    Balas
  10. foto yg paling awal ta kirain spa sob hahahahahahahaha…

    salam persahabatan dr MENONE

    Balas
  11. Kalo disini orang2 pada takut menolong korban kecelakaan, lebih banyak menghindar karena takut kalo urusannya panjang. Jadi serba salah…

    Balas
  12. gunawank

     /  24 Februari 2011

    Sip ok……
    Makasih….. postingan bagus.

    Salam kenal,
    by: http://gunawank.wordpress.com/2011/02/23/tips-agar-susu-terhindar-dari-bakteri-sakazakii/

    Balas
  13. @Oom
    saya malah belum liat.. dari kemarin ga sempet onlen via komputer. hiks..πŸ˜₯
    @Bejo
    sip..πŸ˜‰
    @Zaq
    browser hpku aja yg pake fitur ngirit .. :mgreen: kalo yg canggih-canggih kayaknya keliatan kok. makasih broπŸ™‚

    Balas
  14. @Menone
    foto pertama diperankan oleh model..πŸ˜†
    @Blognyamitra
    yap pada kenyataannya sekarang banyakan malah pada nonton pak. untuk menghindari hal yg tak diinginkan jangan sampe lupa langkah pertama, safety, diri sendiri, lalu lingkungan, baru korban. jangan lupa kalo ada penonton perkenalkan diri n maksud kita dulu.πŸ˜‰
    @Gunawank
    makasih.. salam kenal juga..

    Balas
  15. kalo celengan terkulai lemas apakah perlu dikasih nafas buatan??…wah pertolongan plus2 to ya ..xixiixix:mrgreen:

    Balas
  16. jangan lupa untuk melonggarkan bajunya mz- cek ada perdarahan di dada atau tidak sebelum melakukan ABCnya

    jangan sampe abc tapi masih full wearpack_

    Balas
  17. TDF

     /  28 Februari 2011

    monyete melasi:mrgreen:

    Balas
  18. kalo gak ngerti mending diemin aja dulu, cari bantuan yang bisa….salah salah malah modar karena kita gak menguasai teknik pertolongan pertama

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

    Balas
  19. waaaa trik yang ke – 6 saya sering lakuin Maz…xixixixiiixiii

    PISS..

    Balas
  20. nais ingpoh gan, copas dah

    Balas
  21. @Hourex
    ati-ati mas nglakuin yg ke-6, jangan sampe salah bisa bahaya.. terutama kalo salah orang yg paling bahaya, orang sehat digituin bisa-bisa malah kena gampar kita yg semaput..:mrgreen:
    @Bons
    maturnuwun.. mangga dikopas pak James Bons..πŸ˜€

    Balas
  22. Bro.. pastikan bisa ikut test-ride Bajaj Pulsar 220 DTS-i di Sentul. Info lengkap ada disini: http://stephenlangitan.com/2011/03/khusus-blogger-otomotif-test-ride-bajaj-pulsar-220-dts-i/

    Balas
  23. Ane punya pengalaman menolong korban kecelakaan….
    pada dasarnya ane bukan penakut, tidak takut sama dara cuman ane ndak tahan sama bau amis darah…. Dulu pernah ada kecelakaan maut antara carry dan bis AKAP di depan sekolahku, korban di mobil carry terjepit body, namun masih hidup sehingga ane dan keempat teman sekelas sekuat tenaga berusaha melepas gencetan plat besi… diperlukan waktu 15 menit dengan peralatan seadanya dan ada beberapa bapak-bapak yang lewat membantu akhirnya dua korban yang tergencet di depan bisa di keluarkan dari kendaraan dan ditidurkan di pinggir jalan menunggu ambulan datang. pada saat menolong korban saya tidak masalah namun setelah korban bisa dikeluarkan saya mulai mencium bau amis darah…. sontak saya lari ke tempat lain untuk muntah, karena setiap ada bau amis darah perut langsung mual-mual dan muntah dan biasanya juga kagak bisa makan seharian…..
    Pengalaman itu yang selalu ane ingat sampai sekarang…

    kangen sama stevai joe satriani yngwie malmsteen klik aja…

    http://joetrizilo.wordpress.com/2011/03/18/menunggu-duel-sarat-gengsi-motogp/

    Balas
  24. jozzzz… nice info mas bro..
    penting ini… butuh sosialisasi yang berkesinambungan ini..
    ➑ http://agungsevi.wordpress.com/2011/06/05/bromo-berdebu-nan-mempesona/
    nitip mas bro!

    Balas
  25. kalo wajar ane berani nolong gan,,,tapi kalo dah berdarah-darah,,di kepala lagi,,,langusung,,kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

    Balas
  26. gogo

     /  16 Juni 2011

    nice infonya, tp klo udah ada darah yg berceceran ane mending telpun 911

    Balas
  27. Pernah lht yg sampe berdarah2, dijalan raya banjir darah.
    Biuh sampe rumah jd gak doyan makan

    Balas
  28. ngeri juga tetangga ane tuh ……. mati kelindes trek…ngeriii

    nitip lapak http://bimo96.wordpress.com/2011/10/28/motor-mahal-cepat-hilang/

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: