Ganti Ukuran Ban? Jangan Lupa Sesuaikan Juga Velgnya!

bro n sis semua, bagi yg suka motornya keliatan lebih kekar salah satu langkah yang paling sering dilakukan adalah memperbesar ukuran si karet bundar. disamping membuat kendaraan tampak lebih kekar, ban lebar juga membuat laju motor lebih stabil saat digeber dan lebih bikin pede saat belok rebah. tapi sudah sesuaikah ukuran ban yg kita pakai dengan ukuran rim velg kita? berikut sedikit panduan untuk memilih ukuran ban dan velg yg tepat:

TIRE SIZE REC. RIM (inch) MEAS. RIM (inch) OD (mm) TW (mm)
100/90-16M/C 54H TL 2.50 2.15 – 2.75 586 100
100/80-17M/C 52H TL 2.50 1.85 – 2.75 595 100
110/70-17M/C 54H TL 3.00 2.75 – 3.50 589 106
110/80-17M/C 57H TL 2.50 2.15 – 3.00 608 107
120/70-17M/C 58H TL 3.50 3.00 – 3.50 605 123
3.50-18 56H TT 2.15 1.85 – 2.50 651 104
90/90-18M/C 51H TL 2.15 1.85 – 2.50 619 89
100/80-18M/C 53H TL 2.50 1.85 – 2.75 617 100
100/90-18M/C 56H TL 2.50 1.85 – 2.75 637 100
3.25-19 54H TL 2.50 1.85 – 2.50 663 100
100/90-19M/C 57H TT 2.50 1.85 – 2.75 663 100
90/90-21M/C 54H TT 2.15 1.85 – 2.50 702 92
90/90-21M/C 54H TL 2.15 1.85 – 2.50 702 92

TIRE SIZE REC. RIM (inch) MEAS. RIM (inch) OD (mm) TW (mm)
130/90-16M/C 67H TL 3.00 2.50 – 3.50 636 132
110/90-17M/C 60H TL 2.50 2.15 – 3.00 630 110
120/80-17M/C 61H TL 2.75 2.15 – 3.00 624 121
130/70-17M/C 62H TL 3.50 3.00 – 4.00 617 136
130/80-17M/C 65H TT 3.00 2.50 – 3.50 638 131
130/80-17M/C 65H TL 3.00 2.50 – 3.50 638 131
140/70-17M/C 66H TL 4.00 3.50 – 4.50 627 145
150/70-17M/C 69H TL 4.00 3.50 – 4.50 641 149
4.00-18 64H TT 2.15 2.15 – 2.75 675 117
4.00-18 64H TL 2.15 2.15 – 3.00 675 117
110/80-18M/C 58H TL 2.50 2.15 – 3.00 633 110
110/90-18M/C 61H TL 2.50 2.15 – 3.00 655 110
120/80-18M/C 62H TL 2.75 2.15 – 3.00 654 120
130/70-18M/C 63H TL 3.50 3.00 – 4.00 637 128
140/70-18M/C 67H TL 4.00 3.50 – 4.50 652 145
150/70-18M/C 70H TL 4.00 3.50 – 4.50 668 149

keterangan:

tire size: ukuran ban

rec. rim: ukuran rim velg yg direkomendasikan

meas. rim: ukuran rim velg yg masih dapat digunakan (dalam toleransi)

od: ukuran diameter luar ban

tw: lebar ban sebenarnya

sumber: Bridgestone

gimana cara pilihnya? tinggal cocokkan saja antara tire size yg paling depan dengan rec. rim (yg 2.50, 3.00, dst), yg lain bisa diabaikan seperti od dan tw karena kadang antar merk memiliki ukuran yg sedikit berbeda meski dengan spek yg sama. gimana bro n sis sudah tepatkah ukuran ban n velg yg kita pakai? kalo belum mari segera ganti agar profil ban dapat terbentuk sempurna, terlihat proporsional, dan juga agar ban yg kita pakai dapat berfungsi secara maksimal saat menjalankan tugasnya dalam penggunaan harian ataupun buat touring.πŸ˜‰

semoga berguna dan salam damai dari kota Geplak.. :-D

Tinggalkan komentar

26 Komentar

  1. zaqlutv

     /  23 Februari 2011

    tambahan dikiiiiit….. dikit aja kok..:mrgreen:
    ini ada patokan standar velg 17 yang paling sering dipake di sekitar kita..

    ukuran velg ; ukuran ban = hasil setelah dipasang
    1.20 X 17″ | 2.75-17 ; 80/90-17 = Bulat
    1.40 X 17″ | 2.75-17 ; 80/90-17 = OK
    1.60 X 17″ | 2.75-17 ; 80/90-17 = Pas
    1.85 X 17″ | 2.75-17 ; 80/90-17 = OK
    2.15 X 17″ | 2.75-17 ; 80/90-17 = Kotak
    2.50 X 17″ | 2.75-17 ; 80/90-17 = Ngga Cocok

    1.20 X 17″ | 3.00-17 ; 90/80-17 = Ngga Cocok
    1.40 X 17″ | 3.00-17 ; 90/80-17 = Bulat
    1.60 X 17″ | 3.00-17 ; 90/80-17 = OK
    1.85 X 17″ | 3.00-17 ; 90/80-17 = Pas
    2.15 X 17″ | 3.00-17 ; 90/80-17 = OK
    2.50 X 17″ | 3..00-17 ; 90/80-17 = Kotak

    1.20 X 17″ | 3.50-17 ; 100/80-17 = Ngga Cocok
    1.40 X 17″ | 3.50-17 ; 100/80-17 = Ngga Cocok
    1.60 X 17″ | 3.50-17 ; 100/80-17 = Bulat
    1.85 X 17″ | 3.50-17 ; 100/80-17 = OK
    2.15 X 17″ | 3.50-17 ; 100/80-17 = Pas
    2.50 X 17″ | 3.50-17 ; 100/80-17 = OK

    1.20 X 17″ | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok
    1.40 X 17″ | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok
    1.60 X 17″ | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok
    1.85 X 17″ | 4.00-17 ; 110/80-17 = Bulat
    2.15 X 17″ | 4.00-17 ; 110/80-17 = OK
    2.50 X 17″ | 4.00-17 ; 110/80-17 = Pas

    1.20 X 17″ | 120/70-17 = Ngga Cocok
    1.40 X 17″ | 120/70-17 = Ngga Cocok
    1.60 X 17″ | 120/70-17 = Ngga Cocok
    1.85 X 17″ | 120/70-17 = Ngga Cocok
    2.15 X 17″ | 120/70-17 = Bulat
    2.50 X 17″ | 120/70-17 = OK

    Balas
    • siip! buanyaak gitu juga boleh kok..
      makasih tambahannya masbro..πŸ˜€

      Balas
    • tomy

       /  8 September 2011

      kalau motor supra 125 ban depan di ganti 70-80 apakah sempurna..?

      Balas
    • kuzan

       /  25 Maret 2014

      bro, klo ukuran velg 2,5 terus dipakein ban ukuran 130/80 gimana hasil setelah pemasangan bro?
      trims sebelumnya

      Balas
  2. Ganti ukuran ban ganti velg jg seharusnya..

    Balas
  3. Oom pimpah as varioputiih

     /  23 Februari 2011

    metikku gimana oom!?
    kok ga tercantum!?
    make 14″ tuh.

    Balas
  4. antoniobandreas

     /  31 Mei 2011

    gan velg q ukurannya 3.50.agar nantinya ban keliatan bulat pke ukuran ban berapa?thanks..

    Balas
  5. gogo

     /  16 Juni 2011

    ban ane keknya jg kurang pas dg ukuran velg..selalu nggleyang

    Balas
  6. Kalau bison dari ukuran 120 ganti ke ukuran 130 masih OK ya?

    Balas
  7. Putu

     /  26 Oktober 2011

    Resiko ban kalo bulet apa ya?

    Balas
  8. jarstone

     /  8 Januari 2012

    gan kalo cs1 ban depan pake 90/80 belakang pake 100/80 bisa ga ya? (ane ga ngerti soal ban nih butuh pencerahan)

    Balas
  9. tchan

     /  1 April 2012

    gan Mau Numpang Tanya Jg Nie kalau Supra X125 CW ban Belang Ganti Ukuran Jadi 90/90-17 bsa Gak Ya?? ban Depan 80/80-17????? thks Atas bantuan Nya Gan…

    Balas
    • edi

       /  21 Mei 2015

      ban depan 80/80 bisa gan
      kalo belakang 90/90 belum tau

      Balas
  10. erwinpermana

     /  30 Agustus 2012

    kalau buat vixion velg standar enaknya yang mana bro?

    Balas
  11. gan kalo cs1 ban depan pake 90/80 belakang pake 100/80 bisa ga ya? (ane ga ngerti soal ban nih butuh pencerahan)

    Balas
  12. klo ban ukuran 120/80-17 bisa dipasang ke velg ukuran 3.50 gak mas bro…makasih

    Balas
  13. nungkykuro

     /  27 Februari 2013

    bagaimana kalau velg 140 ban 70/80 dan 160 ban 80/80 untuk motor vixion apa cocok

    Balas
  14. Rosi

     /  3 Agustus 2013

    ban depan ane ukuranya 90/70 gmn gan?

    Balas
  15. Ady Widayana

     /  10 Oktober 2013

    mas broo, mau nanya ni
    berapa lebar maksimal ban belakang dan ban depan vario techno 125??
    sama diameter maksimal velg belakang dan velg depan vario techno 125??
    sama bagus nya make yang berapa?? mw ganti velgg pake yang velg dash wheel

    Balas
  16. kalo velgnya ukuran 140 velg depan tdr ,,apa bisa di kasih ban luar 225 ..apakah enak untuk berkendara

    Balas
  17. Alfid

     /  9 Maret 2014

    Ea

    Balas
  18. Alfid

     /  9 Maret 2014

    bro mau tanya, kalau buat road race ban 90/80 depan belakang, trus ukuran pelek depan belakangnya berapa.?? biar enak nikung rebah, tpi gak nelosor? mohon pencerahan bro.

    Balas
  19. bro, kalo velg 18 d pasang ban 17 bisa ga ya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: