motor baru sekarang banyak banget fitur-fitur baru yg dulunya ga ada, mulai dari PBL, SKS, SHO, charger, sampe mp3 player. nah dari sekian banyak fitur itu, ada 1 yg akhir-akhir ini memunculkan pro-kontra, yap AHO ato automatic headlight on. fitur ini menghilangkan saklar di lampu utama di motor, hingga begitu mesin nyala, lampu pun nyala. penting ga sih? kalo buat saya sendiri, saya bilang ini ga penting!! lho kenapa kok ga penting? kan AHO β‘ DRL itu bisa menekan angka kecelakaan, udah banyak tu risetnya. apa ga penting untuk selamat di jalan??
bukan gitu, DRL itu penting karenaΒ bikin kita lebih terlihat, meskipun saat siang matahari cerah banget tetep aja DRL bikin kita lebih terlihat walau mungkin ga signifikan, 1% saja lebih terlihat itu udah bagus. yg ga penting (buat saya) itu AHO, ya karena saya udah terbiasa setelah pencet starter langsung geser saklar lampu ke on, kadang kalo lupa malah ga tak matiin tu lampu waktu matiin mesin. hingga udah tertanam di bawah sadar tiap hidupin motor, saya hidupin lampu. jadi sekali lagi saya bilang AHO itu ga penting-penting amat! buat pemilik motor lama yang motornya belum AHO, ga perlu minder bro dengan motor baru yg udah AHO! karena yg penting mesin on lampu on, mau AHO di motor kek, AHO di pikiran kita kek, sama aja kok.
so mari kita biasakan setelah pencet starter langsung geser saklar lampu ke posisi on! kalo motor belum dukung AHO, kebiasaan kita bisa juga jadi AHO lho.. dan walau cuma 1% lebih terlihat, itu lebih bagus kok.. π
semoga berguna dan salam damai dari kota Geplak.. π
gambar nyolong dari Pakdhe Maskur
adicuzzy coolrider fixer
/ 18 Februari 2011kalo fitur AHR (Automatic Headlight Redup) penting lho mas, biar ngirit cahaya di rpm tnggi.. Xixixi
moko
/ 19 Februari 2011wkwkwkwk.. langsung patenkan sebelum diklaim yg lain! fitur terbaru ngirit listrik!
vIP as varioputiih
/ 18 Februari 2011Tipikal masyarakat Indonesia kan hemat, kalo ada saklarnya ya mending dimatiin. hemat bolam+aki :p
moko
/ 19 Februari 2011hehehe.. abisnya ada peribahasa hemat pangkal kaya sih, jadi gitu deh.. π
zaqlutv
/ 18 Februari 2011buat menghemat accu ya pake lampu sepeda pancal aja yang pake dinamo berdasarkan putaran roda π
apa yach namanya? lupa..
moko
/ 19 Februari 2011wah keren itu! retro classic style.. segera pasang di Apachemu bro! π
zaqlutv
/ 19 Februari 2011emoh.. mo pasang projie π cuma masih direpotin ma proyek kabel nih di pabrik..
moko
/ 20 Februari 2011projie sodaranya lekdjie? xixixi
pakbambangnunggangjaranwesi
/ 18 Februari 2011nggo oncor bahan bakar solar jangan minyak tanah, mahal saingan pertamax
moko
/ 19 Februari 2011oncor n kompor minyak sekarang pakenya pertamax plus, biar pembakarannya lebih sempurna.. π
r'dee
/ 18 Februari 2011sependapat bro…. kalo rider dah terbiasa, lampu utama pasti akan dinyalakan begitu nyemplak di atas motor. kalo saklar lampu ditiadakan, kadang akan bakal bikin risih karena terkadang rider perlu mematikan/tidak perlu memakai lampu utama (i.e. saat masuk kompleks perumahan tertentu/daerah perkampungan agar sesuai aturan/norma/sopan santun di area yg dimaksud, pas mesin tiba” mati & perlu distarter ulang di tengah kemacetan kondisi aki kan gak akan selalu 100%, nge-dim di siang hari u/ kasih isyarat, dll)
moko
/ 19 Februari 2011yap, tapi banyak yg ngeyel juga sih jadilah dibikin AHO oleh ATPM. tapi tunggu aja besok motor ber-AHO, apakah ditambahi saklar sendiri sama pemiliknya ato tetep eksis..
audi
/ 18 Februari 2011klo menurut saya ga cuma 1% bro.. sekitar 25%.. pergerakan lampunya bikin awas kendaraan di sekitarnya.. menurut saya cukup efektif kok bro.. just my opinion. hehehe
moko
/ 19 Februari 2011setuju! saya juga ngerasa cukup efektif kok, 1% itu cuma perumpamaan, seandainya walau hanya berpengaruh 1 % sekalipun, untuk keselamatan 1% itu udah bagus.. π
blognyamitra
/ 18 Februari 2011Jari saya sekarang udah otomatis geser saklar nyalain lampu utama ketika mesin motor dihidupkan π
moko
/ 19 Februari 2011sama bro.. berhubung motor keluaran lama, AHO-nya bukan di motor, tapi di kebiasaan.. π
vanz21fashion
/ 19 Februari 2011Setuju soal DRL-nya.. Mungkin AHO sendiri diadakan untuk pengaplikasian DRL itu sendiri juga mengingat masih banyak orang yang ogah untuk nyalain lampu di siang hari. Tapi emang menurut saya lebih baik sosialisasi yang digalakkan supaya seluruh masyarakat dari seluruh kalangan bisa mengerti dan mau menjalankan DRL, kalo udah gitu, AHO ga jadi esensial lagi. Tapi itu mungkin makan waktu lama, so AHO bisa dikatakan cara cepetnya.
moko
/ 20 Februari 2011yap karena banyak yang ngeyel kalo cuma sekedar himbauan dan butuh waktu lama, diambillah langkah AHO.
Maskur
/ 21 Februari 2011saklar motorku selalu On
moko
/ 21 Februari 2011@Maskur
sip pakdhe! π mungkin yg belum AHO bisa juga saklarnya dilem di posisi on.
ahmed
/ 5 Maret 2011emangnya kenapa dengan motor sekarang,bedanya apa sih? sama saja kan dengan membiarkan saklar lampu di posisi on == AHO juga.
ATPM LEBAY, benar kata penulis.
Yono
/ 11 Oktober 2011kalo PBL, SKS, SHO itu apa yah ?
ipanase
/ 21 Oktober 2011asekkkkkkkkkkkkk