haiss.. rame bener nih di dunia maya (blog/facebook dsb) pada ngomongin si Lexam ini, bahkan sedikit demi sedikit seperti mampu menyingkirkan CBR yg sebelum Lexam launching merupakan aktor nomor satu. apa sih yang menarik dari si Lexam? kok sampe segitu ampuhnya menyaingi CBR.. karena jenis baru (bebek matik)Β kah? nggak juga, Revo AT udah duluan. jawabannya ya tentang harga! entah apa yg dipikirin YMKI hingga membanderol produk barunya ini 16,4 jutaan, lebih mahal ketimbang saingannya padahal dengan teknologi yg nggak terlalu wah ato malah bisa dibilang agak inferior dibanding produk tetangga.
saya di sini nggak akan bahas masalah teknologi si Lexam, ataupun mengkritik YMKI soal pricingnya. sudah banyak blog yg bahas dan sebagian besar setuju Lexam saat ini overprice! bahkan seorang dedengkot FBY pun ikut mengkritiknya! (bener-bener fansboy yg perhatian dg idolanya π ) saya cuma mau berandai-andai, semacam reality show jika aku menjadi lah.. jika aku menjadi pelatih YMKI(emang bal-balan?!) maksude semacam perancang strategi gitu lah (mbuh apa basa gaule) , dan akan mengeluarkan Lexam pada kondisi seperti kemarin di mana kompetitor sudah lebih dulu menyerang dengan Revo AT, apa yg kulakukan? pertama liat dulu calon produk sendiri, apa sih keunggulannya? hmm.. bodi okelah.. cc gede bolehlah.. fitur lumayan.. trus teknologi, waduh kalah nih.. lawan udah injeksi, step 3 pula.. kita punya masih karbu.. jelas orang yg cukup ngerti motor walau sedikit tau kalo injeksi itu lebih mahal ketimbang karbu. Lexam vs Revo AT, IMHO sedikit seperti Byson vs Vixion. pertarungan desain vs teknologi! jelas Byson yg cukup inferior soal teknologi ditaruh pada harga di bawah Vixion meski desainnya aduhai + kaki kekar, speedo keren, knalpot modern.. tetap Vixion lebih mahal.
terus di mana saya harus taruh Lexam? berkaca kasus Byson, berarti di bawah lawan dong? nggak ah! konvensional banget itu,,teknologi sedikit inferior terus harga lebih murah! orang bilang mah wajar, biasa cah.. saya akan pasang Lexam di atas harga lawan! keren kan?? π “nggaaak!” kata konsumen sepakat.. π di sini, awal peluncuran, yg kita butuhkan adalah pemberitaan yg fantastis tentang produk kita! apalagi ini jenis baru, butuh banyak usaha untuk mengenalkan ke calon konsumen. apakah itu bisa didapat dengan harga lebih murah namun teknologi juga di bawah? paling pemberitaan cuma standar-standar aja.. ini lho motor Y lebih murah! ya iyalah teknologi kalah.. biasa itu mah, dalam waktu sebentar saja produk sudah mulai terlupakan! kecuali lebihΒ murahnya jauuh! tapi bangkrut dong perusahaanku ntar, bikinnya juga pake modal oi! jadi keputusan saya taruh harganya di atas lawan saat launching! pemberitaan pasti gila-gilaan! biarlah dicemooh dulu sama blog-blog yg kebanyakan dikenal independen itu.. yg penting produkku secara tak langsung dipromosikan, jadi headline di berbagai media dunia maya! semisal di TMCblog, pak Bonsai, atau bro Iwan ini. toh kebanyakan blogger pasti juga menunjukkan kelebihannya, meskipun mungkin sedikit porsinya.
yak sampai sini saya masih sejalan dengan apa yg dilakukan YMKI, begitu juga efek pemberitaan yg bombastis sesuai rencana.. tinggal berikutnya yg saya lakukan adalah membuat promosi di tv, koran, dsb. karena masih ada calon konsumen yg belum begitu melek internet, dan biasanya kurang melihat sisi teknologi, yg penting desain dulu. sambil melihat permintaan konsumen akan Lexam, jika ternyata mencapai target, ya udah.. apa orang bilang terserah toh target penjualan tercapai, untungnya gede pula! kaya raya kita! π
tapi.. gimana kalo target tak tercapai dg selisih cukup jauh? ya apa boleh buat, kemarin kan kita pasang harga penjualan cukup tinggi dibanding modal, untungnya ketinggian mungkin. yoo mulai menurunkan harga, step by step hingga mencapai harga yg realistis, tapi masih cukup untung lah, sambil diitung-itung biar tercapai β‘ jumlah penjualan X laba = semaksimal mungkin. toh modal bikinnya nggak sebanyak produk bikinan lawan yg canggih itu, pasti bisa lah taruh di bawah harga lawan meski sedikit.. sampai sini pasti beberapa media menyampaikan ke konsumen, ini lho produk yg dulu mahal sudah murah! yes dapet promosi kedua! konsumen pun dipastikan jadi memikirkan lagi.. dan sesuai hukum ekonomi, harga turun permintaan meningkat.. target penjualan pasti semakin dekat! π
oiya, gimana kalo lawan bikin versi karbunya? hehehe.. kayaknya nggak, kalopun iya, bukan ancaman serius selama harga nggak jauh. produk kita menang desain yg fresh dan keren kok.. kelebihan lawan yg mutlak ya cuma injeksinya itu, yg lain nggak jauh beda lah..
yahh.. itu cuma andai aku yg bikin strategi sih, seorang yg sangat awam tentang dunia marketing, tapi moga-moga aja YMKI besok melakukan yg kayak gitu alias menurunkan harga Lexam.. kalo nggak? ya udah nggak usah dibeli deh kalo merasa kemahalan, kalo merasa cocok ya silahkan.. nggak dilarang untuk beli kok.. pilihan di tangan konsumen bro! π
semoga berguna dan salam damai.. π
gambar nyanthol dari blognya bro Iwan Banaran dan nyolong di Google
Triyanto Banyumasan
/ 16 Januari 2011apakah kasus harga CBR 250 vs N250 senada dng kasus Lexam vs Revo AT ? Dimana AHM menaikan harga tinggi dibanding Thai
http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2011/01/16/sepeda-yamaha/
Triyanto Banyumasan
/ 16 Januari 2011maksudnya yg ini mirip http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2011/01/15/market-spesial-untuk-lexam/
moko
/ 17 Januari 2011bisa jadi, agak mirip juga nih pakbro.. tapi CBR masih punya senjata cukup ampuh selain desain fresh, yaitu injeksi dan jaringan layanan aftersales Honda yg mutlak unggul jauh dari Kawasaki. harganya juga masih di bawah Ninja meski tipis.. kalo Lexam senjatanya cuma desain dan (mungkin) performa, harganya malah di atas kompetitor..
Triyanto Banyumasan
/ 17 Januari 2011yups, betul jg ya. ABS, injeksi, ada lagi
Maskur
/ 17 Januari 2011yen dipikir2 ketokke nyat ngono.
martini
/ 17 Januari 2011ente liatnya kasus per kasus bro..secara globlal..produk YMKI dari low end sampai flag shipnya mulai pasang positioning over price….dia coba menjual “kebanggaan”….
padahal secara diam2 dia menurunkan grade spare-partnya…gak heran kalo bengkel resmi capek menangani komplain dari customer (ane tahu gara2 temen yang jadi kepala mekanik curhat)…..yang paling hot adalah seal shock depan byson sudah pada bocor..terjadi untuk daerah sumatra selatan yang kita juga tahu sama tahu kondisi jalannya bolong2………secara penampakan mungkin bisa menipu..tapi secara kualitas tetep gak ngibul….trus kebanggaan naik/punya merk tersebut apa dunk? kalo selalu sukses masuk bengkel………..
lekdjie lagi
/ 17 Januari 2011nduwurku,setuju masbro.jgn terlalu mengagungkan motor baru,terkecuali kalo memang2 worthed dari model sebelumnya seperti newmegapro..trus,tiap ganti striping,sumonggo dicermati lg..biasanya ada material yg direvisi
elsabarto
/ 17 Januari 2011memang overprice, klo aku gak usah mikir panjang klo harga segitu pilih aja new mx
klo harus betik ya plilih revo at gitu loh.. π
moko
/ 17 Januari 2011@Maskur
moga-moga ae, besok turun jadi 13 jutaanlah.. (tapi tetep ra tuku)
@Martini feat Lekdjie
yoyoi saya cuma liat per kasus thok, yg lagi tren gitu.. kalo yg downgrade sparepart, malah belum tau saya mas lek.. soalnya saya kan cuma jadi pengatur strategi YMKI (halah masih berandai-andai! )
@Elsabarto
kalo saya tanpa ragu ambil Apache Apacheku dulu aja cuma 16,2. hehe
aditninjamaniac
/ 17 Januari 2011headlampnya jadi aneh ya mas..padahal bagusan yg versi thailand..malah dirubah jadi kaya begitu..
http://aditninjamaniac.wordpress.com/2011/01/16/new-cbr-250r-plus-minusnya-terhadap-ninja-250r/
dnugros
/ 17 Januari 2011mungkin ini hanya dijadikan produk test dipasaran, kalau ga laku ya didiscontinue aja… π
moko
/ 17 Januari 2011@Adit
ho’o bro, kalo saya juga lebih seneng headlamp yg Vietnam. lebih terang juga kayaknya (pake lampu HS1 yg Vietnam)
asmarantaka
/ 17 Januari 2011mending Apache second ae..xixiixix
moko
/ 17 Januari 2011@dnugros
ho’o kali ya? kayak orang jualan makanan ae, ga laku ganti bikin menu lain.. hehe
@Asmara
nek 16,4 entuk anyar kuwi om! Apacheku ndisik ra nganti 16,4. suer deh! π
Maskur
/ 18 Januari 2011eh yen Apache second pira ya?
moko
/ 19 Januari 2011jawaban seperti di FB pakdhe..
Bonsai Biker
/ 17 Januari 2011belum ketemu alesan mahalnya
moko
/ 19 Januari 20111 yg udah pasti, alesannya biar untungnya gede.. π
A Seen
/ 27 Januari 2011wakakakakak betul
blognyamitra
/ 19 Januari 2011Qta tunggu kiprahnya, apakah Lexam diterima pasar ato tidak π
moko
/ 19 Januari 2011time will tell laagh… *mas Tri mode
supergleweh
/ 19 Januari 2011ora sudi tuku lek sam.mending scoopy,atau xeon yng 125cc jelas maticnya.
moko
/ 19 Januari 2011sama.. eh nggak beli apa-apa ding..
azizyhoree
/ 25 Januari 2011lek sam mahal β kalo yu sam mahal ga yo β :mrg:een: bukan gudeg yu sam lho π
berharap ada kuis voucher GMM ” gudeg MM β
moko
/ 2 Februari 2011wah ra kenal je aku.. kenale mbokdhe sam.
buahaha.. tunggu saja.. itu kuisnya orang sabar.. π
blogphone
/ 27 Januari 2011Wah…wah.. baru tahu ane..
moko
/ 2 Februari 2011π
ridertua
/ 31 Januari 2011wah bisa nih jadi pelatih…andai aja aku menjadi pelatih… π
moko
/ 2 Februari 2011pelatih apa nih? π
bimo96
/ 28 Oktober 2011ga ada gigi ,alias ompong,,, malu2in aja jek π
nitip lapak http://bimo96.wordpress.com/2011/10/28/motor-mahal-cepat-hilang/