Kesan Setelah 20 Bulan ber-Apache Ria

bener nggak ya udah 20 bulan? ya anggap aja gitu lah..😛 saya pake sejak Mei 2009 hingga sekarang Januari 2010, bener kok 20 bulanan. sekarang saya mau mengungkap beberapa kesan saya sebagai seorang biker awam terhadap si kuda betina dari India ini (serius kudanya TVS emang betina! yg nggak percaya coba liat aja logonya di motor Apache ada yg menonjol di deket kaki depan!):mrgreen:

dari kesan kurang baiknya dulu!

– urut dari depan, cakram motif pink kembang-kembangnya baru di bulan ke 6an udah keliatan mbaret, yg ternyata disebabkan oleh kampas rem bawaannya yg jelek, kata orang-orang sih mengandung asbes dan apa gitu jadi keras bikin baret piringan.➡ ganti kampas rem saja pake merk lain

– berikutnya deket cakram, sekitar bulan november kemarin atau bulan ke 18 sil shock depannya bocor hingga olinya rembes.

– selanjutnya cat di bandul stang mulai ngelothok(asli bagian ini gampang ngelothok). bikin jorok penampilan wae👿➡ cat ulang, kalo punya temen pada dikrom lumayan manis juga.

– lalu ke belakang dikit lagi pelatuk klep bawaan Apache juga kurang jos, yg mengakibatkan setelan mudah berubah kerenggangannya terutama setelah bekerja keras dalam waktu yg lama➡ solusinya punyaku diganti pake punya Kaze.

– trus mundur lagi ketemu sama si footstep deh. itu footstep belakang nggak bisa nglipet sempurna, kayak ada yg ngganjel n jadi gampang turun lagi kalo dipake. nggak begitu ngganggu sih, cuma agak aneh aja..😦

– di bawah footstep ada standar, ati-ati buat yg seneng belok rebah itu standar bakal nggasruk aspal! saya sering kena padahal udah geser badan tapi tetep duluan standar yg nggasruk ketimbang dengkul! kalo ada rider Apache bilang pernah knee down sampe dengkul kena aspal dalam kondisi motor standar ting-ting itu 90% ndobos, 10% doi emang skillnya puanjang.. eh sikilnya.. hehe :peace:

– geser dikit ada ban belakang! ban yg masih asli dari India ini licin banget kalo basah, nggak recomended deh jalan >60 kalo jalan basah➡ mending cepet-cepet lengserkan! sebelum dia melengserkan kita dari jok Apache!😛

– sekitar ban belakang (depan juga) ada swing arm dan shock teleskopik yg terbilang kurus untuk ukuran motor batangan, apalagi deketan ama Byson.. beuh.. nggak usah liat kakinya deh!😈

– kemudian bagasi aslinya nggak ada➡ manfaatkan  ruang kosong yg ada di sela bodi belakang buat jas hujan

– dan terakhir di ujung belakang ada lampu rem LED yg cukup keren itu, sayangnya punya saya sudah mati 1 biji yg kanan paling atas saat usianya menginjak 19 bulan. mau ganti kok mahal..😥 ya udah biarin aja, masih ada 13 biji lagi kok:mrgreen:

 

yang paling depan punya saya🙂

sekarang menginjak kesan baiknya..

– dilirik abege di jalan kayak di artikel ini😛

– njuk trus performanya cukup memuaskan untuk kelasnya, berani lah lawan motor sekelasnya! dari Thunder, Byson, Megapro, Vixi, Pulsar 180, Tiger, sampai CBR150* masih sanggup lah dilawan! akselerasi hingga 100 kpj lumayan cepet, top speed yg pernah saya capai adalah 138 kpj versi speedo. sebagai pembanding speedo Apache sedikit lebih baik hati ketimbang Pulsar 200 (bandingin dengan punya pakdhe saya yg P200 tahun 2008), tapi masih lebih pelit ketimbang speedo Jepang(pernah bandingin dengan Vixi, Tiger, dan beberapa bebek)

– digital speedo yg keren dan gede, ada jamnya ada alarm buat bangunin pagi-pagi juga

– posisi duduknya yang semi racing dikit enak buat jalan agak kenceng >60 kpj, paling nyaman di kisaran 90-100an kpj.

– konsumsi bensin cukup irit dibanding tenaga yg dihasilkan dan cukup premium (artikel konsumsi bensin menyusul..)😉

– eksklusif, belum banyak yg pake, belum tentu seminggu sekali ketemu sodaranya..

– antara ringannya handling dengan kestabilan motor cukup berimbang dan mantep.. buat jalan kenceng di jalur bis-bis gede macam pantura tetep stabil, tapi buat melayani jalan ramai dalam kota juga nggak begitu berat macam Pulsar (no offense buat Pulsar rider😉 ) soale badan saya nggak tinggi gede..:mrgreen:

– shock belakang MIG-nya cukup nyaman untuk jalan agak jelek.

– untuk layanan aftersales di Jogja (dealer baru) khususnya ketersediaan sparepart lumayan bagus, sparepart fast moving ready, yg bukan fast moving juga beberapa ada, kalo nggak ada pesen paling telat 1 minggu barang sudah ada, pas saya ngganti handle kopling cuma 3 hari udah disms kalo barang telah datang. hanya mekaniknya agak kurang meyakinkan.. perlu banyak cari pengalaman. masih lebih meyakinkan mas Mig29, begawan Kolor Ijo, atopun juragan DOHC kayaknya.:mrgreen:

– kesan baik lainnya adalah si Apache ini telah menemani saya touring ke beberapa daerah di pulau Jawa tanpa masalah, biarpun digeber beberapa jam nonstop nggak ada gejala overheat, ngempos, ato apapun.. dan semoga selamanya tidak..😀 serta semoga segera bisa keluar Jawa. hehe

berikut beberapa gambar Apache saya:

baretnya cakram..

 

oli ngrembes

tanpa bagasi, ruangan bodi kiri kanan jadi bagasi dadakan untuk jas hujan

rear lamp LED, koit 1 biji, santai masih 13... (tapi dadi aneh)

footstep belakang nggak bisa mak plek saat dilipat, serasa ada yg ngganjel

balancer stang udah buluk karena cat ngelothok

top speed yg sempat diabadikan

oiya, adakah bro n sis yg punya usulan nama untuk Apache warna grey saya ini? pengen kasih nama tapi masih bingung ni.. hehe.. mohon usulannya untuk nama si kuda India ini. trims sebelumnya..😉

demikian semoga berguna dan salam damai..😀

catatan: * = klonengan. ndak sing duwe CBR asli ngamuk nek aku muni Apache isa ngimbangi.. wkwkwk:mrgreen:😆😛

Tinggalkan komentar

56 Komentar

  1. Muantepp..wes tau tak jajal..kelebihannya dari Bajaj lebih enteng si Apache lo bobotnya:mrgreen:
    dikasih nama Wedhus Gembel we..kan sama2 abu2..xixixiix:mrgreen:

    Balas
    • emang njajal nggendhong ya? kok ngerti nek Apache lebih enteng.😆
      Wedhus Gembel? hmm.. Merapi banget iki. sip-sip.. dikantongin dulu.:mrgreen:

      Balas
  2. pikantuk ongko sepindah😀

    Balas
  3. lombok larang.. dodolan gawe tuku pertamak.

    Balas
  4. zaqlutv

     /  10 Januari 2011

    footstep belakang yang ngeganjel itu karetnya coba lepas karetnya bisa ngelipat sempurna, tanpa karet lumayan cakep kok, batang footstep tetep ada gridnya..
    wiiidddiiiiiiiihhhh… 138 kmph??😯 si Abang cuma dapet 120kmph di rpm 9000an.. ma bini, dengan beban rider+boncenger 145kg plus barang sekitar 10kg.. ga lebay kok, tapi ya cuma segitu dapetnya di bypass krian jatim..
    nih lagi kepincut masang WrAin.. cuma lom sempet aja..

    Balas
    • ho’oh, pernah tak lepas karetnya.. tapi jadi kurang nyaman buat yang bonceng. (kata yang mbonceng siih, belum nyoba sendiri..) jadilah tak pasang lagi.. akhirnya jarang tak lipet tuh
      lhah situ boncengan, beban 150 kg huebat tu bisa sampe 120 bro! salut deh!😀 saya 138 cuma sendirian, berat juga enteng cuma 60 kg.. kalo boncengan nggak tau bisa berapa mentoknya, nggak berani kenceng kalo boncengin orang. menikmati saja kalo boncengan:mrgreen:
      weitz manteb! kalo udah sempet pasang bikin reviewnya ya bro!😉

      Balas
      • zaqlutv

         /  10 Januari 2011

        sepedane 136kg
        sing numpak nang ngarep 80kg
        sing melu nang buri 65kg
        barang 10kg
        totalan dadi piro tuh?:mrgreen:
        gak duwe blog cuman komengtator😉 mengkok tak posting nang kaskus tak kabari..

      • wahahaha.. mantab dan sangat berbobot.. bagi-bagi masbro..:mrgreen:
        oke-oke! siip! maturnuwun sanget bro.. *siap-siap penawar racun WrAin.. hehe😛

  5. karismanis

     /  10 Januari 2011

    manteb.. !!! recomended ki. ha ha ha ha ha, batenku kok CBR 150nya ada tanda *, tibakno Klonengan. ha ha ha

    Balas
    • wekekekekk.. tiru-tiru iklan operator seluler je, pake tanda *, syarat dan ketentuan berlaku.. hahaha
      nek CBR asli ya isa tak tempel, asal motorku ditaleni karo CBR-e..:mrgreen:

      Balas
  6. hadiyanta

     /  10 Januari 2011

    nggak
    begitu berat macam
    Pulsar (no offense buat
    Pulsar rider ) soale
    badan saya nggak tinggi
    gede. .

    * wkwkwk gua banget.

    Balas
  7. suspensi gimana bro empuk(touring)… atau khas suspesi balap atos..🙂

    Balas
    • tengah-tengah deh, nggak empuk banget nggak atos banget, tapi cenderung ke touring nek menurutku.😉

      Balas
  8. buat trek pendek, motor ini juara!
    Iklan gak bohong.

    Balas
  9. sampai CBR150*
    ==============================================================

    catatan: * = klonengan. ndak sing duwe CBR asli ngamuk nek aku muni Apache isa ngimbangi.. wkwkwk
    ==============================================================
    Asemb, wis meh kepancing ngawut-awut pertamax aku, wis siap2 korek jendil:mrgreen: wekekekek

    pas touring pulang , magetan -jogja kemaren, Paijo ku/ Cbr boncengan 2, Tvs e, dewekan kang mokop, masih enak kok, bisa ngikutin paijo bermanufer di RPM 9000-10000 an, Recomended buat touring lah! karo mbatin (sisa 2500 rpm e isiih tak kanthongi lho kang! )😆
    top speed 134-138? , wehh siph lah not bad!

    paijo usul, kalo nama tvs mu > Jaran Klawu! gimana cocok?:mrgreen:

    Balas
    • jiahahahaha… pertamaxe ra sida diawut-awut, lebokke tangki Apache wae mas!:mrgreen:
      btw omonge pakdhe Maskur menang Apache lho ketimbang CBR! ki lho artikel’e: http://maskurmambangblog.wordpress.com/2011/01/11/honda-new-cbr-150-r-versus-bajaj-pulsar-180-ug4/ *bakarrr!! hahahaha😛

      Jaran Klawu, disingkat JK noh? dadine lebih cepat lebih baik! hehehe.. okelah, Jaran Klawu masuk daftar.. maturnuwun..😀

      Balas
      • aku ora kobong mas, wong ming jarene uwong kok😆 kan wis weruh barange langsung kabeh!

        wekekekek, ok kan JK jaran -klawu😆 awas ditunggu royalty ne :mrgeen: > GMM> gudeg mbah e moko

      • xixixi.. jarene itu strategi marketing yg ampuh lho! sayange jarene tak bisa merubah asline..:mrgreen:
        hehehe.. gampang nek gudeg, asal nek tak hubungi langsung kudu neng Jogja😛

  10. nama kuda binal kelihatannya lebih bagus pak de😀

    Balas
  11. sobek2

     /  11 Januari 2011

    namanya yg cocok ya
    Turonggo Van Semarang = TVS

    Balas
  12. lampu LED nya bagusan itu daripada skywave…

    eh nek nggo aku tetep apik skywave, lha wong nduwene..:mrgreen:
    dirimu kan duwe loro2ne mas bro.. xixixixixi😆

    Balas
    • nek aku jelas apik kabeh..😀

      Balas
      • dadi pengin duwe je TVS APASIH 160 RTR, harga seken-e pira ya? yen nilik kelemahan2ne kudune 2nd-e jatuh ya hehehhehe

      • hahaha.. dipastikan 99% jatuh pakdhe, kemarin pas liat new CBR motorku sempat ditawar mbak’e buat tukar tambah, dihargai 7 juta to! (batinku emang motore mbahmu mbak!)😈
        harga seken kurang lebih mungkin mirip CS1, agak turun dikit lagi.. mungkin lho.. CMIIW

  13. Bro… enakan pasang HCS, ngga seribet w-rain dg tingkat power lebih besar ( jare iso ngirit sampe 50-70% )

    Balas
  14. bejo

     /  12 Januari 2011

    cokro wulan (panah bulan) wuzzzz

    Balas
    • lumayan bro untuk kelas 4 tak 160 cc 2 klep SOHC, asal jangan dibandingin sama yg DOHC ya..:mrgreen:

      Balas
  15. wow… lengkap zkali…

    hmmm… gmn klow dnamain si “horsi” —> singkatan dari c horse yg kerenz sekali
    hehehehehe…

    Balas
    • Horsi,,bagus juga.. tapi mirip nama tetanggaku, cuma beda 1 huruf. hehehe..
      trims masukannya.

      Balas
  16. bukan leher kuning ternyata

    Balas
  17. mantap topspeed’e
    aq numpak 117kpj e wes wedi..
    Mbok dikek’i knalfot racing..

    Balas
    • 117 e Pz00 ya? ya banter lah kang.. speedone Pzoo puelit ngono.. nek 138ku neng Pzoo paling 130an thok.
      emoh, ndak ra kuat sing mbensini..:mrgreen:

      Balas
  18. jahe

     /  18 Januari 2011

    hmmmm bingung kang …

    Balas
  19. wkwkwk podo brati. jas hujanku yo yak nei ning bodi😆

    Balas
  20. @Dipo
    lho kayane Pzoo ada bagasi kecil bawah jok boncenger to?

    Balas
  21. Roedz

     /  20 Februari 2011

    neng tanjakan piye mas dab? munggah dieng po sarangan di gigi & dpt speed brp?

    Balas
  22. nek di tanjakan menurutku tenaganya ga terlalu sip sih, biasa aja.. kudu pinter-pinter pertahanin rpm, terutama pas boncengan. pernah boncengan naik Magetan-Sarangan sampe Cemoro Sewu maupun Karanganyar-Cemoro Kandang di tanjakan yg berat-berat cuma kuat gigi 2, masuk 3 langsung drop.. kalo Dieng pernah sendirian separah-parahnya tanjakan gigi 3 masih kuat, tapi harus jaga rpm di 6ribuan ke atas.

    Balas
  23. perantau ke jogja

     /  17 Juli 2011

    maav bos bru msuk….!!!
    untuk daerah jogja apache cash sama kreditnya berapa…
    maksh yo atas jawbanya,,,,

    Balas
  24. keren bro,ane pengen ne motor tp berhubung gak terkenal merk nya gak kayak yamaha,,ane minta jupiter aja ke ayah ane

    nitip lapak http://bimo96.wordpress.com/2011/10/28/motor-mahal-cepat-hilang/

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: