Zona Selamat Sekolah! Kok Licin? Zona Bahaya Sekolah Dong?!

kali ini saya mau coba ngomongin apa yg ada di jalanan. bro n sis tau kan zona selamat sekolah (ZoSS) ? itu tuh yg biasanya ada di jalan raya depan sekolah warnanya merah menyala.. kalo yg belum tau gambarnya macam gini nih:

kalo di daerah Jogja zona ini dapat ditemui di beberapa tempat seperti di jl. Bantul, jl. Magelang, jl. Solo, dkk.

nah itu zona dibuat karena memiliki beberapa tujuan sebagai berikut:

  1. Mendidik anak sedini mungkin untuk taat hukum-beretika-berempati dalam berlalu lintas di jalan serta peduli terhadap lingkungan
  2. Mendidik masyarakat sekitar sekolah selaku pengguna jalan untuk memberi hak jalan kepada pejalan kaki dan sepeda secara umum dan bagi murid secara khusus
  3. Mencegah peluang terjadinya kecelakaan lalu lintas
  4. Memotifasi guru dan orang tua murid untuk menjadi panutan anak dalam berlalu lintas.

lho nomor 3 kok tebel?? karena saya mau bahas yg itu aja..:mrgreen: apanya yg dibahas? begini.. salah satu tujuan ZoSS adalah di nomor 3, hanya saja beberapa kali saya melewati ZoSS di daerah Jogja ada sesuatu yg mengganjal di pikiran saya. apakah itu?? licin mas mbak! terasa roda yg tadinya mantap memegang aspal, begitu masuk ke ZoSS terasa agak berkurang cengkeramannya. perkiraan saya itu disebabkan oleh cat yg berada di permukaannya itu.. trus kalo ZoSS licin gini bukannya malah tambah bahaya? memang di ZoSS ada rambu-rambu batas kecepatan 20 kpj pada jam tertentu, tapi liat deh kenyataannya untuk saat ini. nggak banyak yg mematuhi ZoSS karena merasa punya kemampuan dan bisa memperhitungkan segalanya untuk ngebut. bisa dibayangkan jika saat ada yg ngebut, ada anak kecil yg mendadak menyebrang, sementara jalannya licin rem pun jadi nggak berfungsi maksimal, kemungkinan ban bakal ngesot jika direm mendadak! apalagi kalo jalannya basah. biarin deh kalo yg ngebut jatuh sendiri!😈 tapi kalo sampe kena si anak kecil? kasihan mas mbak..😦

 

mengkilap dan terlihat sepertinya licin..

 

jadi sebenarnya ZoSS memiliki tujuan yg mulia! hanya saja pada perwujudannya alangkah lebih baik jika lebih dipikirkan dan diterapkan bagaimana cara yg lebih baik, mungkin dengan mengganti cat-nya dengan yg lebih baik dan nggak licin (ada nggak sih?), atau cara yg lain.. dan memang benar jika yg paling baik adalah menjadikan semua pengguna jalan memiliki sikap yg baik dan patuh terhadap peraturan di jalan, walaupun untuk itu saat ini hal tersebut masih cukup sulit.

pesan saya buat kangmas dan mbakyu semua,”hati-hati di jalan mas mbak! kecelakaan terjadi bukan hanya karena skill yg kurang! tapi juga karena banyak faktor lain di jalan! waspadalah! waspadalah!” (malah kayak bang napi!:mrgreen: )

semoga berguna dan salam damai..πŸ˜€

referensinya dari sini➑ http://yvcbogor.wordpress.com/2009/01/05/zoss-zona-selamat-sekolah/

Tinggalkan komentar

24 Komentar

  1. mak glodak tlusur.

    Balas
  2. dhuwur

     /  20 Desember 2010

    betul ,,lunyu..lunyu batok…

    Balas
  3. batok’e ela-elo..

    Balas
  4. karismanis

     /  20 Desember 2010

    semoga gak kejadian aja deh yaπŸ™‚

    Balas
  5. karena dibuat menggunakan cat minyak bro! asli memang licin! maunya irit dan awet tapi malah membahayakan pengendara tuh!πŸ˜₯

    Balas
    • irit dan awet catnya, boros dan nggak awet motornya kalo mak glodak..😦
      eh irit ban juga ding.πŸ˜›

      Balas
  6. elsabarto

     /  21 Desember 2010

    memang lunyu, pernah ngerem pake ban fdr, kok tetep ngesot, untung alon2

    Balas
    • wah FDR aja ngesot.. apalagi motorku yg masih ban built up dari India yg terkenal top licinnya..:mrgreen:

      Balas
  7. Tonnie

     /  21 Desember 2010

    untung aja,yg di jalan Megelang ws pd nglothok,jd ga patek lunyu..

    Balas
  8. tafridefraaz

     /  22 Desember 2010

    di ganti peninggian muka jalan 1cm gimana ya? aman dan tidak licin

    Balas
    • bisa itu! tapi kalo cuma 1 cm kurang terasa dan kurang keliatan. 1 meter kayaknya cocok..πŸ˜† (sekalian dibikin jalan layang aja malah lebih aman kayaknya)πŸ™‚

      Balas
  9. kok neng jabotabek gak ada ya…

    pa ahlinya belum mikir keselamatan ..

    Balas
  10. sering liat ketika di jateng dulu. btw, kayaknya licin ya..

    Balas
  11. hehehehehe,…. mangstabhhhhhhhhhh

    Balas
  12. ane ngk pernah rem tuh disini..malah sebelumnya cat merah udah rem duluan..hehhehe..kalo sepi langsung gas….xiixixix:mrgreen:

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: