Ngatur Ketinggian Sorot Lampu Motor,,Penting Mas!!

bayangkan, saat kita sedang riding malam hari, tiba-tiba ketemu motor yang sorotnya tepat ke mata kita! pasti jengkel kan? apalagi kalo lagi apes, di depan ada kendaraan ngerem ato lubang.. gawat deh urusannya..

karena itu mari kita mulai dari motor kita sendiri, atur ketinggiannya, jangan sampai terlalu tinggi hingga bikin silau pengendara lain, tapi jangan pula terlalu pendek juga karena akan berakibat penerangan kalo riding malam hari ga akan maksimal. untuk ngaturnya, kalo saya sorotin aja ke arah tembok dalam jarak 5 meteran, idealnya saat ditumpaki posisi sorot lampu dekat di tembok yang paling atas agak ke bawah dikit dari ketinggian lampu, kurang lebih 20-30 cm lah beda ketinggiannya dibanding posisi tinggi lampu.. dengan jarak segitu lumayan luas daerah yang kena sorot lampu dan ga bikin silau pengendara lain.

demikian  semoga berguna dan salam damai..

Tinggalkan komentar

9 Komentar

  1. pertamaxxxxxxxxxx

    Balas
    • Pak Maskur, nyetel lampu kan gak pake pertamax hehehe….
      Oh iya, selain itu utk nyetel lampu tempatnya juga harus datar.

      Balas
  2. hmm..masih banyak yg belum bisa nyetel tuh:mrgreen:

    Balas
  3. @Maskur
    Skywave memang disarankan pertamaxxx!😉 oya pas pertamax minta stel lampu SW di beres, mekaniknya malah bingung nyetelnya..❓

    @Blognyamitra
    betul betul betul! Trims tambahannya bro..

    @Asmarantaka
    ho’o, kadang ada yg lampunya malah ke atas. Kayaknya mau cari mangga di pohon..

    Balas
  4. Embuh

     /  6 Oktober 2010

    kalau aku sih nyetel lampu sambil jalan aja mas, jadi tau kondisi dan kebutuhan sebenarnya, saat sendiri dan berboncengan juga akan berbeda fokus toh..?

    ngomong2 nyetel hedlam bebek gimana caranya ya? lom pernah soalnya..

    Balas
  5. @Embuh
    lha kalo jalan kan tangannya megang stang kan mas? Pandangan juga ke depan, gimana tu nyetelnya? Hehe.. Yg penting kendaraan dinaiki, kan kurang lebih ntar pas dikendarai jatuhnya sama.
    Yup itu ukuran untuk riding sendiri, kalo mau boncengan nyetelnya bisa coba naik berdua. Hehe.. Atau stel lebih pendek. Konsekuensinya kalo sendiri jadi agak pendek sorotnya. Kalo saya sih tiap mau boncengan ubah stelan sok belakang jadi lebih keras daripada saat sendiri.

    Balas
  6. kalau motornya amblesh tuh yang paling bahaya sorot lampu jadi ke Atas

    Balas
  7. @Bonsai
    kalo gitu sok depannya dimodif biar ikut ambles (bukane dikuati sing mburi malah diambleske kabeh!):mrgreen:

    @Embuh lagi
    oya, untuk bebek biasanya nyetelnya baut di bawah headlamp dikendorin dikit, trus gerakin headlamp sampe pas, trus kencengin lagi. Gitu mas..

    Balas
  8. randi

     /  17 Maret 2014

    kalo lampu mtor matic kaya mtor ane xeon rc cara nyetelnya gimana ya gan? lampu ane nyorot ke pohon. mau di stel biar kebawah tapi ga tau bautnya gàn

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: