Motor ke-4, TVS Apache RTR 160! Racing DNA Unleashed!!!

Ini motor yang masih rutin dipake sampai artikel ini ditulis. motor CBU dari India, tapi ga suka joget-joget.😆 motor yang ke-4, akhirnya pake kopling juga. Entah gimana ortu yang dulu anti motor kopling kali ini malah nyuruh beli motor batangan. Keinginan dulu “cuma” Shogun SP akhirnya malah ga cuma bebek berkopling tapi malah sekalian motor semprot. Ada 3 pilihan waktu itu, Vixi, P180, ato Apache. Pertama ke dealer Yamaha, liat-liat n tanya-tanya, tapi nggak test ride soale pernah nyoba n emang nggak disediain unit test ride. Terus ke dealer Bajaj, ada P180 unit test ride, tapi akhirnya cuma ngetes di dalam dealer soale kalo keluar mesti boncengan ma SPB, nggak boleh sendiri, kalo ma SPG sih otre.:mrgreen: dan sebenere pernah riding Pulsar tapi yang 200 kebetulan sodara ada yang punya, ya anggep aja P200 dikurangin dikit lah performanya. Dari situ sebenernya udah nyaris positif ambil P180. tapi pikir-pikir akhirnya mutusin ke dealer TVS dulu buat ngicipin rasanya Apache soale yang 1 ini sama sekali belum nyoba, sampai jalan M. Supeno langsung deh njajal.

Kesan pertama duduk di joknya.. hmm.. sensasinya lain dari yang lain.. lebih “racing”(padahal belum jalan :P) puter kunci kontak, speedometer nyala. IMHO ini speedometer paling keren dibanding 2 lainnya. Starter.. bletak! Eh salah.. bukan bletak..:mrgreen: tapi bunyi sewajarnya starter motor lain trus mak bruuuumm.. sayang suara knalpotnya kurang keren buat ukuran motor batangan. masuk gigi 1, keluar dealer, berhenti di pinggir jalan nunggu sepi. Akhirnya,,bruumm..!! grip gas diputer, masuk gigi 1 tarik sampe redline hampir 40 kpj, gigi 2 60an kpj, gigi 3 baru 80an di depan udah rame plorotin gas lagi deh. It’s amazing!! Awal masuk gigi 3 roda depan masih terasa agak ngangkat kang! Padahal ga ada niatan ngangkat. Akselerasi rasanya beti deh ma motor jambret(RX-King).. Akhirnya pulang dan bingung lagi antara P180 atau Apache, sama-sama keren dan lain dari yang lain, Vixi udah dicoret bukan karena jelek, tapi udah banyak di jalan sampe bosen liatnya. L

Akhirnya tanpa saya mengambil keputusan, tau-tau Apache warna grey lah yang datang ke rumah. Lha kok bisa?! Ortu yang milih, alasannya kalo Pulsar ntar sama ma punya sodara dikira tiru-tiru..😆

Begitulah sedikit cerita saat-saat datangnya si motor ke-4, oya saat beli baru dapat hadiah helm fullface dan jaket yang.. wow..!! luar biasa!! Jeleknya..!! pokok’e bonus paling buruk yang pernah saya tau.  kualitas helmnya cuma sedikiiit di atas helm alien Honda dulu, dan langsung tak jual ke pasar Klithikan Jogja buat tambah uang saku.:mrgreen: Jaketnya? Pake jaket rasanya kayak pake kaos.. tak bisa memberikan kehangatan selayaknya jaket.. Sekarang baru tau kalo bonusnya ada 2 jenis jaket n helmnya, dan saya dapat yang wuelik bin buosoxxx..

Ni Spesifikasi Apache saya punya:

ENGINE
4 Stroke, 159.7 cc, Single
Maximum Power: 11.19 KW (15.2 bhp) @ 8500 rpm
Maximum Torque: 13.1 Nm @ 6000 rpm
Bore x Stroke : 62mm x 52.9 mm
Compression Ratio: 9.5:1
Carburettor: Mikuni BS-26
Valve train: 2 Valves, single cam
Valves per cylinder: 2 Valves
Power to weight ratio: 111.76 bhp / ton
Starting: Electric & Kick Start
Idle speed : 1400rpm
Ignition: IDI-Dual mode digital ignition
Engine oil capacity: 1000 ml

TRANSMISSION

Clutch : Wet, Multi-Plate
Primary reduction: 65/21
Final reduction: 44/13

CHASSIS
Type: Double Cradle

SUSPENSION
Front: Telescopic Forks, 105mm Stroke
Rear: Monotube Inverted Gas filled shox (MIG) with spring aid
Castor angle: 25.5°
Trail length: 81.3 mm

BRAKES

Front: 270 mm Petal Disc
Rear: 130 mm Drum

WHEELS AND TYRES
Rim size (Front): 1.85 x 17”
Rim size (Rear): 2.15 x 18”
Tyre size (Front): 90/90 x 17”
Tyre size (Rear): 100/80 x 18”
Tyre make: TVS Tyres

Fuel tank capacity: 16.0 lit
Reserve: 2.5 lit
Useable reserve: 1.7 lit

DIMENSIONS

Length: 2020 mm
Width: 730 mm
Height: 1050 mm
Wheelbase: 1300 mm
Saddle height: 790 mm
Ground clearance: 180 mm

WEIGHTS

Kerb weight: 136 kg
Weight distribution: Kerb (F/R) 60/76 kg
Laden (F/R) (Solo – 65kg) 79/122 kg

PERFORMANCE (TVS claimed)
0-60 kph: 4.80 seconds
0-100 kph: 17.69 seconds
0-100 m: 7.91 seconds
0-400 m: 19.70 seconds
30-80 kph (4th gear): 11.84 seconds
30-80 kph (5th gear): 15.68 seconds
Maximum speed: 118 kph

spek diambil dari sini
ni foto-fotonya
busi bawaannya berbadan dua, eh kepala dua..
busi bawaan kepala dua, tapi api malah kurang fokus

demikian semoga berguna dan salam damai..
Tinggalkan komentar

4 Komentar

  1. Wah jero tenan ki ngece hadiahe
    Wuakakakaka, neng klithikna sisan, payu pira le?
    wong TVS maca ora ya?

    Balas
    • hahaha.. payu muriih pakde.. tapi lumayan kanggo maem sedina. wkwkwk😀
      kayaknya sih kagak baca, wong cuma warung kecil-kecilan.. anehnya temen-temenku ada yang dapet jaket kulit lumayan bagus, marai pengen tak bakar jakete kancaku. haha
      matur nuwun kunjungannya pakde..🙂

      Balas
  2. menghemat harganya bro jd helmnya jelek😀

    nitip lapak http://bimo96.wordpress.com/2011/10/28/motor-mahal-cepat-hilang/

    Balas
  3. Jadi ngakak baca bonusnya . . .
    Semoga jadi masukan buat TVS agar ngasih bonus yang lebih masuk akal.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: